2 Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

Cara membuat daftar pustaka di word

Cara membuat daftar pustaka di word ini sangatlah mudah. Fitur yang satu ini bisa manfaatkan untuk Anda yang sedang membuat jurnal atau makalah penelitian. Cara untuk membuatnya ini tidak sulit dan Anda juga tidak perlu repot untuk merangkai secara manual. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai membuat daftar pustaka di word tanpa bantuan aplikasi dan dengan bantuan aplikasi mendeley.

 

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka dulu aplikasi word pada device Anda kemudan klik opsi “Reference”  yang posisinya ada di atas halaman
  • Jika sudah jangan lupa untuk mematikan style apa yang akan Anda gunakan, misalnya Anda menggunakna style APA
  • Jika sudah pada bagian “Citations & Bibliography” Anda bisa klik “Insert Citation” lalu pilih lagi “Add New Source”
  • Jika sudah saatnya Anda mengisi kolom yang ada di halaman tersebut.
  • Setelah itu, pada bagian Citations & Bibliography, klik opsi “Insert Citation” lalu pilih “Add New Source”.

Dalam daftar pustaka ini harus mengandung informasi mengenai informasi yang baik mengenai sumber yang Anda pilih. Maka dari itu jangan lupa untuk memasukan beberapa data berikut ini:

  1. Nama Penulis
  2. Judul
  3. Tanggal Penerbitan
  4. Kota Diterbitkan
  5. Nama Penerbit
  • Jika sudah pada kolom “Type of Source” ada juga beberapa opsi yang harus Anda pilih seperti:
  1. Book
  2. Book Section
  3. Journal Article
  4. Article in a Periodical
  5. Conference Proceeding
  6. Report
  • Jangan lupa menyesuaiakan dengan bentuk sumber yang Anda pakai misalnya saat Anda menggunakan book maka Anda pilih opsi Book.

 

Cara Membuat Daftar Pustaka diWord dengan Mendeley

Saat memasukan identitas rujukan secara manual mungkin hal ini bukanlah masalah jika referesi yang Anda pakai tidak terlalu banyak. Tapi juka jumlah rujukan yang Anda pakai ini jumlahnya puluhan bahkan hingga ratusan hal tersebut sudah pasti akan mebutuhkan waktu yang sangat lama. Belum lagi bisa saja identitasnya double atau bisa jadi salah dalam penulisan. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah plug-in Mendeley.

Mendeley ini merupakan sebuah program komputer dan web yang di tunjukan untuk mengelola dan juga berbagi karya tulis secara online. Program yang satu ini dikembangkan oleh Elsevier, hanya dengan satu program ini saja Anda sudah bisa mendeteksi dan mengenali identitas Anda.

Bagi Anda yang ingin menggunakan mendeley jangan lupa untuk mengunduh kemudian memasangnya di laptop dan menghubungkannya dengan Microsoft Word. Jika sudah terpasang Anda tinggal mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka Mendeley
  • Lakukan input untuk jurnal, file, atau buku yang ingin Anda masukan ke dalam daftar pustaka. Caranya adalah pada bagian kiri atas klik + kemudian pilih file. Jika Anda ingin memasukan lebih dari satu file yang ada dalam satu folder Anda juga bisa langsung menginputnya secara langsung.
  • Jika semua rujukan Anda sudah masuk ke mendeley Anda ini tinggal membuka Microsoft Word
  • Pilihlah gaya tulisan yang Anda inginnya
  • Jika sudah Anda tinggal “’Insert Bibliography” untuk memasukan semua rujukan yang telah Anda input ke dalam mendeley.

Mendeley ini nanti akan menyesuaikan bentuk daftar pustakanya sesuai dengan style yang sudah Anda pilih, semuanya juga sudah langsung terssusun sesuai dengan abjad.

Nah itu dia beberapa cara untuk membuat daftar pustaka di Microsoft Word tanpa bantuan aplikasi dan dan bantuan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *