Cegah Pipa Air Tersumbat Dengan Membersihkan Saluran Pembuangan Air

Bagaimana cara mencegah pipa air tersumbat sebelum terjadi penyumbatan yang semakin parah? Seperti diketahui bahwa penyumbatan pada pipa sering terjadi di rumah tangga terutama untuk bagian saluran pembuangan air. Karena biasanya pada saluran ini terdapat banyak sisa sampah yang menumpuk. Mulai sampah-sampah keras seperti plastik atau sampah lunak yang terus menumpuk dengan cepat dan tidak terbuang sepenuhnya sehingga meninggalkan sisa.

Jika sudah begini, tentu akan merusak sistem kerja saluran pipa air. Ada beberapa metode yang bisa dipilih agar saluran pembuangan air tidak membuat pipa jadi tersumbat.

Metode Pembersihan Pipa Air yang Tersumbat

1.    Metode Dengan Air Mendidih

Air panas atau air mendidih bisa membantu membersihkan saluran pembuangan air yang tertumpuk oleh minyak bekas mencuci piring misalnya. Untuk itu cara pembersihannya yaitu dengan menggunakan 2 liter air mendidih lalu dicampur dengan deterjen yang biasa dipakai untuk mencuci piring. Tuang larutan tersebut ke saluran pembuangan, lalu setelahnya dibersihkan dengan air keran. Jika proses ini masih membuat saluran pembuangan tersumbat maka ulangi prosesnya.

2.    Metode Penggunaan Produk Pembersih

Hal kedua yang bisa dilakukan tentu saja dengan menggunakan cara paling efektif yakni membeli produk pembersih. Produk ini tidak hanya bisa mengangkat kotoran yang ada di saluran pembuangan tapi juga untuk pembersih beberapa barang.

Untuk memaksimalkan kerja dari produk pembersih sebaiknya baca aturan pakai pada kemasan. Karena setiap produk pembersih berbeda-beda kandungannya. Misalnya saja pada produk pembersih dengan kandungan enzim maka lebih baik dicampur air hangat ketimbang air mendidih.

Setelah menuangkan cairan pembersih, jika bagian lubang tersumbat cairan akan terlihat mengembang. Jangan lupa dibersihkan dengan air mendidih yang terlalu sampai ke pipa air.

3.    Metode Penggunaan Plunger

Anda juga bisa produk untuk saluran pembuangan air. Ketika saluran pembuangan air tersumbat maka pipa air juga ikut tersumbat. Pertama sekali harus menutup saluran pembuangan air.

Kemudian jika ingin membersihkan bagian luar tebal maka isi setengah bak wastafel dengan air. Hal ini tentu saja agar bisa membuat kerja plunger lancar dengan mengisap bagian sumbatan agar bisa dikeluarkan. Celupkan plunger dan tekan hingga ke dasar wastafel, lalu tekan-tekan plunger ke atas dan ke bawah agar sumbatan nya bisa terbuka. Kemudian lakukan pembilasan saluran pembuangan air dengan air panas.

4.    Metode Penggunaan Selang Pembersih

Anda juga bisa memilih menggunakan produk selang pembersih yang bisa dibeli di toko bangunan. Pertama sekali harus melepaskan bagian penutup saluran air. Penggunaan selang pembersih ini biasanya untuk membersihkan bagian rambut yang menggumpal di saluran pembuangan yang ada di kamar mandi.

Tarik bagian rambut yang tersangkut di saluran dengan cara menggunakan selang pembersih. Putar-putar selang sampai bisa meraih rambut yang tersangkut. Namun ketika anda merasakan selang sulit didorong tandanya sudah sampai ke bagian ujung yang tersumbat. Tarik selang perlahan untuk mengeluarkan rambut yang tersangkut sehingga menjadikan penyumbatan. Ketika selang dikeluarkan biasanya otomatis bagian rambut yang menggumpal ikut naik. Setelah proses ini selesai aliri saluran pembuangan dengan air panas untuk memastikan bahwa saluran tidak lagi tersumbat.

 

 

Demikian beberapa metode untuk menghindari saluran pipa air tersumbat dengan cara membersihkan saluran pembuangan air.  Nah, jika anda sedang mencari pipa untuk sanitasi air di rumah baik saluran air bersih maupun air kotor maka bisa memilih dari merk Rucika, anda bisa mengunjungi website resmi Rucika www.rucika.co.id untuk mendapatkan info lebih detail. Merk ini menyediakan berbagai pipa tidak hanya pipa pvc tapi juga pipa dari bahan besi atau tembaga. Untuk harga pipa tentu saja lebih terjangkau dengan kualitas premium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *