doa sesudah makan

Doa – Doa Harian Yang Perlu Diajarkan Pada Anak

Mengajarkan hal-hal baik pada anak seperti berdoa sebelum melakukan suatu aktifitas sebaiknya mulai diterapkan sejak anak berusia dini. Karena saat usia emas anak atau biasa disebut dengan Golden Age, anak akan menyerap semua yang diajarkan dan biasanya itu akan menjadi kebiasaan sampai anak besar nanti.

Jika berdoa sudah menjadi rutinitas anak sejak kecil maka akan tertanam dalam dirinya bahwa segala sesuatu yang ia dapatkan dan ia miliki merupakan segala sesuatu yang bersumber dari Tuhannya yaitu Allah SWT. Anak pun akan belajar mensyukuri segalan sesuatunya karena ia tahu dengan berdoa ia sedang mengucap syukur kepada Allah SWT.

Untuk menerapkan kebiasaan berdoa pada anak bisa dimulai dengan mengajarkan doa-doa pendek yang biasa dilakukan untuk memulai kegiatan-kegiatan rutinnya. Nah,berikut ini merupakan rangkuman doa-doa yang bisa anda ajarkan pada anak sejak berusia dini.

  1. Doa Sebelum Makan

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

  1. Doa Sesudah Makan

“Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum Muslimin.”

  1. Doa Sebelum Tidur

“Bismika allahumma ahya wa bismika amut.

Artinya: “Dengan nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

  1. Doa Bangun Tidur

“Alhamdulillahi al-ladhi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihi-nnushur.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

  1. Doa Belajar

“Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahman, waj ‘alnii minash sholihiin.”

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu. Berilah aku karunia agar dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang saleh.”

  1. Doa Untuk Kedua Orangtua

“Rabbighfirrlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira”

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, dan kasihilah mereka sebagaimana kasih mereka kepadaku sewaktu aku masih kecil.”

  1. Doa Masuk Rumah

“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa.”

Artinya: “Dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah, kami keluar (darinya) dan kepada Allah, kami berserah diri.”

  1. Doa Keluar Rumah

“Bismillahhi tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illa billaah.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Itulah doa-doa harian yang bisa anda mulai ajarkan pada anak anda, ingatlah bahwa anak itu meniru apa yang orangtuanya lakukan. Maka cara yang paling baik untuk membiasakan anak berdoa sebelum melakukan aktifitas ialah kita sebagai orangtua juga harus membiasakan diri melakukan hal tersebut. Agar kedepannya anak mengerti bahwa kita harus berdoa sebelum mengawali kegiatan tersebut.

Ciptakanlah suasana yang kondusif jika ingin mengajarkan hal-hal seperti itu pada anak. Jangan terlalu dipaksakan karena biar bagaimanapun anak di usia dini hanya baru mengerti bermain, jadi buatlah menghafal doa-doa tersebut menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak anda.

Sebagai orangtua anda harus memperhatikan beberapa hal berikut sebelum mulai memberi pelajaran pada anak. Hal yang yang harus diperhatikan yaitu mood atau suasana hati anak, kemudia ajarkan anak dengan perlahan dan sabar. Anda bisa memulai dengan mengajarkan satu per satu doa yang diulang terus sampai anak hafal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *