KPR Pertama di Indonesia

KPR Pertama di Indonesia, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Belanda!

KPR Pertama di Indonesia Dulunya Bernama Postspaarbank di Batavia pada Tahun 1897

 

Tahukah Anda siapa pelopor KPR Pertama di Indonesia? Predikat tersebut jatuh kepada Bank Tabungan Negara atau kita kenal BTN. Dilansir dari website resmi Bank BTN, jejak langkah Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Indonesia ini berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Cikal bakal Bank BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897, tepatnya pada masa pemerintah Belanda. Dulu gedung Postspaarbank berada di Weltevreden, kini lebih dikenal sebagai Gambir, Jakarta Pusat pada tahun 1925-1930. Kemudian berpindah ke Harmonieplein atau dikenal gedung Harmoni pada tahun 1938.

 

Setelah  itu, Bank BTN memasuki masa pemerintahan Jepang pada tahun 1942. Yaitu bertepatan tanggal 1 April 1942, ketika itu Postspaarbank dipegang oleh Jepang, yang mana mereka mengganti namanya menjadi Tyokin Kyoku atau yang dikenal dengan Chokinkyoku. Selanjutnya ketika merdeka berganti nama lagi menjadi Kantor Tabungan Pos RI. Sebagai satu-satunya lembaga tabungan di Indonesia, pemerintah Indonesia mengganti nama dengan Bank Tabungan Pos pada 9 Februari 1950. Nah tanggal tersebut dianggap sebagai momen Bank BTN terbentuk.

 

Kemudian pada masa peralihan zaman pada 22 Juni 1963, Bank Tabungan Pos secara resmi berganti nama menjadi Bank Tabungan Negara. Dan saat itulah mereka berproses dari yang bernama unit hingga jadi induk besar yang mandiri. Pada tahun 1974, berdasarkan Surat Menteri Keuangan RI, Bank BTN ditunjuk sebagai wadah pembiayaan proyek rumah untuk rakyat. Nah pada tahun 1976, mulailah realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pertama kalinya oleh Bank BTN di Indonesia. Waktu demi waktu, pelopor KPR Pertama di Indonesia menjadi bank yang berkonsentrasi penuh  dalam pengembangan bisnis perumahan di Indonesia. Dilansir Tirto.id, Bank BTN lah yang mempunyai konsep kerja KPR dan selanjutya bank-bank yang ada di Indonesia meniru konsep tersebut.

 

Ketika tahun 1989 BTN berkesempatan untuk menerbitkan obligasi pertama. Dan selanjutnya tahun 1992 BTN berubah bentuk menjadi PT (PERSERO) yang berdiri secara bebas. Hal ini berdasarkan prestasi yang diukir oleh Bank BTN dalam bidang Bisnis Perumahan berbasis KPR. Dalam mendukung keunggulan ini, Bank BTN akhirnya mengembangkan produk-produk layanan perbankan sebagaimana bank umum atau komersial. Kemudian di tahun 1994 BTN berkembang menjadi Bank Devisa yang mana dalam pemberian servis atau layanan mereka sudah menggunakan dollar, baik itu untuk menerbitkan Letter of Credit atau L/C maupun pemberian modal usaha. Selang tak sampai satu dasawarsa, Pemerintah melalui Kementerian BUMN memutuskan Bank BTN sebagai bank umum yang berfokus pada bisnis pembiayaan perumahan tanpa subsidi.

 

Saat 2009 Bank BTN memutuskan untuk menerbitkan EBA Danareksa Sarana Multigriya Finansial I atau dikenal Kredit Pemilikan Rumah (SMF I-KPR BTN). Tidak berenti disitu mereka juga berperan dalam penawaran umum saham perdana atau IPO dan juga masuk pada list Bursa Efek Indonesia. Hingga kini, Bank BTN telah mendapat kepercayaan masyarakat dan pemerintah. Sehingga di tahun 2017 BTN berhasil menyabet Peringkat 1 Bank Terbaik Indonesia yang diselenggarakan oleh Anugerah Perbankan Indonesia VI. Penghargaan ini akan mengukuhkan optimism perseroan untuk mampu melanjutkan catatan kinerja positif dan mencapai target bisnis pada tahun-tahun berikutnya. Nah tentunya anda penasaran kan dengan berbagai keunggulan BTN yang berperan sebagai pelopor KPR Pertama di Indonesia ini dan jawabannya akan anda temukan pada sub poin di bawah ini ya.

 

Pengajuan KPR Langsung Via Website dan Hanya 10 Menit

Tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat, KPR Bank BTN dapat diajukan melalui website BTN Properti atau www.btnproperti.co.id yang hanya menyita waktu 10 menit anda. Selanjutnya anda akan dihubungkan dengan kantor terdekat dari Bank BTN. Untuk pengajuan terdapat dua jenis kredit, yakni Kredit Konvensional dan Pembiayaan Syariah. Dimana jika konvensional anda akan dikenakan bunga float yang cukup rendah, kemudian syariah disesuaikan nilai-nilai yang berlaku pada masyarakat yang menganutnya. Selain melalui website, info mengenai KPR Bank BTN bisa diketahui via aplikasi BTN Properti Mobile yang bisa diunduh di Google Play dan Apple App Store.

 

Jika Anda belum memiliki rumah idaman, tidak perlu khawatir. Karena sejak dulu BTN Properti yang berjulukan KPR Pertama di Indonesia menjembatani anda agar bisa menjalin kerjasama dengan para developer. Tujuannya, untuk membantu masyarakat Indonesia dalam kepemilikan rumah melalui Bank BTN. Beberapa properti bisa Anda temukan dengan fitur 4D lengkap gambarnya 360 derajat, lho. Jadi terlihat seperti sedang survei langsung. Bank BTN bekerjasama dengan developer pilihan yang sudah ternama pada bidangnya, seperti Arya Lingga Manik, kemudian ada Grand Mekarsari, dari Duta Putra Land, selanjutnya anda akan bertemu dengan HK Realtindo, lalu ada Bandara City, dan juga PP Urbantown Serpong serta masih terdapat developer yang lainnya.

 

Tersedia properti terpopuler, properti terbaru dan properti subsidi yang bisa Anda temukan, sebagai contoh Royal Cikeas Residence Bogor, Griya Bintang Mekasari Tangerang, Utama Garden Bintaro, Grand Permata Residence Karawang, Cibungbulang Town Hill Bogor, Metro Parung Panjang Bogor, Mutiara Gading Timur 2 Bekasi dan lainnya. Nah anda akan diberikan informasi terkait banyaknya kavling yang masih available, kemudian berapa harganya, angsuran KPR yang wajib anda bayar, informasi suku bunga terkini, dan siapa saja developer yang berperan. Informasi mengenai luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, foto serta denah hunian.

 

Konsultasikan KPR Langsung Pada Ahlinya

Selain website dan aplikasi BTN Properti, segera hubungi Customer Service BTN Properti via Live Chat. Klik kotak biru pada “Let’s Chat – Online”. Isi formulir yang tersedia untuk berbicara dengan agen yang ada, seperti Nama, Email dan Ponsel. Pada Kategori Pertanyaan. Anda bisa memberikan tanda pada Pengajuan Kredit atau Konsultasi KPR. Konsultasi KPR juga bisa dilakukan langsung pada menu yang tertera dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *