Kekurangan Asuransi Investasi Unit Link

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Investasi Unit Link

Sekarang ini, terdapat berbagai jenis produk asuransi yang beredar di pasaran, salah satunya adalah asuransi investasi unit link. Bahkan di beberapa perusahaan asuransi investasi dan jiwa terbaik, produk unit link ini menawarkan keuntungan yang cukup menggoda dengan paket bundling yang menggiurkan. Nah, untuk membantu Anda dalam melakukan komparasi sebelum mengambil keputusan, mari kita timbang kelebihan dan kekurangan unit link dalam artikel ini!

 

Kelebihan yang Bisa Anda Nikmati dengan Asuransi Unit Link

Dalam asuransi unit link, pembayaran premi digunakan juga untuk investasi. Jadi, bisa dibilang, daya tarik utama asuransi unit link ini adalah timbal balik. Selain dapat proteksi, Anda juga berkesempatan untuk mengembangkan aset.

Biasanya, unit link dibatasi dengan jangka waktu tertentu. Saat sudah jatuh jangka waktunya, uang hasil investasi dan sebagian pembayaran premi akan dikembalikan. Jika ingin melanjutkan cover asuransi kembali, perusahaan penyedia akan melakukan pendaftaran lagi soal asuransi ini.

Menggunakan metode ini, Anda bisa keluar dengan mudah jika merasa investasi tidak menguntungkan. Selain itu, Anda bisa pilih mendaftar coverage asuransi tanpa terbebani unit link untuk pendaftaran berikutnya.

Hanya, umumnya banyak masyarakat yang lebih suka dengan asuransi unit link karena hasilnya. Daripada premi yang dibayarkan hanya menumpuk, mengapa tidak dijadikan sumber investasi? Sekalipun hasilnya sedikit dan memiliki risiko, hal ini lebih baik daripada uang diam tidak menghasilkan sama sekali.

 

Kekurangan yang Harus Diperhatikan dengan Asuransi Unit Link

Kompas.com memberikan penjelasan tentang kekurangan produk asuransi unit link dalam artikelnya. Mereka menjelaskan bahwa risiko investasi unit link akan sama seperti melakukan investasi trading. Hasilnya, investasi yang ditanam bisa saja tidak menghasilkan.

Perlu diingat bahwa tingkat keuntungan yang dihasilkan masih dipengaruhi oleh perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Jika memilih perusahaan asuransi investasi dan jiwa, rata-rata uang investasi Anda tetap menghasilkan.

Untuk menghindari perusahaan asuransi yang kurang baik, pastikan untuk mengingat hal berikut sebelum memilih:

  • Produk asuransi dan perusahaan yang menawarkan harus terdaftar di OJK
  • Investasi asuransi tidak sama dengan investasi langsung. Jadi hindari pihak yang beri iming – iming hasil besar.
  • Selalu cek kembali terms yang diberikan pihak asuransi soal kerugian dan investasi yang gagal menghasilkan.
  • Selalu ingat bahwa investasi di trading memiliki resiko dan tidak selalu untung.

Jika sudah menimbang hal – hal di atas, Anda akan lebih mudah memilah pilihan penyedia asuransi. Selama menggunakan yang tepat, Anda tidak perlu takut hasil investasi dibawa lari.

 

Keputusan Ada di Tangan Anda

Setelah tahu kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa tentukan sendiri apakah produk investasi ini cocok untuk Anda. Pilihan asuransi investasi dan jiwa akan selalu tergantung dari kebutuhan Anda.

Bagi yang hanya butuh layanan asuransi yang mudah dan pasti, produk asuransi unit link mungkin bukan yang Anda cari. Tapi di sisi lain, bagi yang ingin mengembangkan aset sambil menikmati layanan asuransi, produk unit link bisa jadi pilihan tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *