tomat

Tips Memilih Benih Tomat yang Berkualitas untuk Budidaya

Budidaya sendiri merupakan salah satu cara mengatasi harga bahan masakan yang fluktuatif di pasaran. Sehingga misalnya harga cabai di pasaran yang melejit, hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang menanam cabai di rumah. Hal tersebut juga berlaku bagi yang menyukai mengonsumsi tomat. Anda bisa melakukan budidaya tomat dengan mudah di rumah dengan mengikuti langkah budidaya yang tepat. Langkah ini sebagai antisipasi apabila harga tomat naik, sedangkan Anda menyukai masakan yang menggunakan bahan tomat. Budidaya tomat sendiri akan dapat untuk memanfaatkan tomat tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus khawatir masalah harga yang naik di pasaran.

Cara Budidaya Tomat

Ketika akan melakukan budidaya tomat, Anda bisa mendapatkan biji tomat dengan mudah. Bahkan juga bisa menggunakan biji tomat yang dikonsumsi. Sehingga biji tomat tersebut jangan dibuang dan bisa digunakan untuk menanam sendiri buah tomat di rumah. Dengan menanam tomat di rumah juga bisa membuat organik sehingga lebih sehat dan aman dikonsumsi. Untuk budidaya tomat sendiri mempunyai langkah mudah yang dapat diikuti seperti berikut ini:

  1. Pertama adalah dengan mengeringkan biji tomat yang telah disiapkan. Keringkan biji tomat selama 2-3 hari. Biji tomat perlu dikeringkan terlebih dahulu karena apabila menanam biji tomat yang masih basah akan membuat prosesnya lebih sulit dan dapat mengalami pembusukan. Sehingga pastikan keringkan biji tomat terlebih dahulu sebelum menanamnya.
  2. Kedua cuci bersih biji tomat yang sudah dikeringkan kemudian pilih biji tomat yang bagus.
  3. Keringkan kembali biji tomat selama 2-3 hari di suhu ruang dan di bawah panas matahari langsung.
  4. Terakhir siapkan media tanam dan masukkan ke dalam pot dengan perbandingan pupuk kandang dan tanah 1:1. Letakkan bibit di pot tersebut dan tutup dengan tanah. Letakkan pot tersebut ke tempat yang mendapatkan sinar matahari hingga menjadi kecambah. Kemudian pindahkan di tempat yang agak teduh agar kecambah yang sudah tumbuh tidak mati karena kepanasan.
  5. Tunggu hingga panen dan lakukan perawatan dengan tepat sehingga akan bisa menghasilkan panen tomat yang memuaskan.

Cara Mengetahui Biji Tomat Berkualitas

Ketika akan melakukan budidaya tomat, tahap penting yang perlu diperhatikan adalah dari pemilihan bijinya yang tepat. Hal ini dapat diketahui dari ciri biji buah tomat yang unggul yaitu:

  1. Ciri pertama adalah bibit tersebut berasal dari buah tomat yang sudah benar-benar matang.
  2. Ciri selanjutnya adalah memilih bibit tomat yang mempunyai ukuran buah lebih besar dibandingkan lainnya.
  3. Ciri lainnya adalah buah tidak mempunyai cacat.
  4. Ciri terakhir adalah memilih bibit yang tidak terapung.

Sedangkan untuk langkah memilih bibit berkualitas adalah:

  1. Pilih bibit yang mempunyai masa pertumbuhan seragam sehingga akan tumbuh secara bersamaan.
  2. Memilih bibit yang tahan terhadap iklim yang berubah-ubah.
  3. Memilih bibit yang tumbuh lebih cepat.
  4. Memilih bibit yang mempunyai akar tanaman yang banyak.
  5. Memilih bibit yang akan tahan apabila dipindahkan ke tempat lain.
  6. Pilih bibit yang dapat tahan terhadap hama dan penyakit.

Apabila Anda memilih bibit dengan tepat seperti langkah di atas, maka akan membantu untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah dan buah tomat yang terbaik. Selain dengan menanam sendiri, Anda juga bisa membeli tomat berkualitas dari TaniHub. Tempat ini menawarkan tomat dari petani secara langsung, sehingga akan mendapatkan buah tomat yang masih segar dan berkualitas. Selain itu TaniHub juga mempunyai keunggulan dengan menawarkan tomat harga terjangkau dan pengiriman cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *